Apakah lulusan SMK bisa masuk AKPOL dan IPDN

Hasil gambar untuk smk masuk polisi

Hello guys, apa kabar ?
aku harap kalian baik-baik aja, postingan kali ini aku kembali membahas beberapa pertanyaan yang banyak ditanyakan pada postingan ku yang berjudul tips lulus IPDN dan AKPOL.
rata-rata pertanyaan pembaca yang aku tangkap itu diantaranya adalah apakah lulusan SMK bisa masuk Akpol dan IPDN ? dan aku minta maaf sebelumnya bagi teman-teman yang komentarnya tidak bisa aku balas karena sifat malas yang menerpa hahaha.. oke balik ke topik awal, ke pertanyaan apakah lulusan SMK bisa masuk Akpol dan IPDN ?

oke untuk menjawab pertanyaan ini aku udah baca-baca dan browsing sampe buka website resmi untuk dua instansi tersebut dan jawabannya adalah, lulusan SMK TIDAK bisa mendaftar masuk IPDN dan AKPOL, mungkin ada dari beberapa teman-teman yang berasal dari SMK bertanya-tanya kenapa SMK harus dibedakan dan terkesan didiskrimiasikan. 

Lulusan SMK tidak bisa mendaftar sampai postingan saya ini saya buat memiliki alasan yaitu bahwa SMK atau Sekolah Menengah Kejuruan bersifat spesifik kepada jurusan tertentu, dimana yang kita ketahui bahwa untuk pendidikan AKPOL dan IPDN sendiri pada kampusnya memiliki kurikulum dengan pelajaran dengan kategori pengetahuan umum sehingga dikhawatirkan tidak akan relevan dengan SMK yang notabene mempunyai materi pelajaran yang bersifat Kejurusan sehingga dipilihlah lulusan SMA (semua jurusan) atau lulusan MA (Madrasah aliyah) yang selama pendidikan di bangku sekolah lebih banyak mempelajari pelajaran yang bersifat umum. alasan lain adalah karena kepolisian diluar negeri menerima lulusan perwiara polisi ialah mereka yang lulus dari Senior High School atau setara dengan SMA di indonesia sehingga polisi indonesia bisa di terima juga diluar maka rekrutmen prajuritnya harus serupa dengan standar luar (ini buah pemikiran pribadi loh ya hahaha).

Setelah membaca jawaban aku diatas pasti kalian yang sekarang sedang menempuh pendidikan di SMK sedikit kecewa, namun aku ada kabar baik nih buat kalian meskipun lulusan SMK ngak bisa masuk ke IPDN dan AKPOL tapi SMK masih bisa mendaftar Brigadir Polisi, Tamtama Polisi [SPN setempat.], Bintara Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara,  dan Tamtama Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara.

Setelah membaca artikel diatas bagaimana tanggapan kamu ?
aku harap jawaban aku udah menjawab pertanyaan dari kalian yang dari kemaren nanyain hal serupa dan aku harap udah ngak ada yang nganjal lagi ya hahaha.. sekian postingan saya ini semoga postingan ini membantu 

Jangan lupa baca postingan lain ya..
- Permasalahan Gigi yang Buat Kamu ngak bisa lulus tes AKPOL, AKMIL dan IPDN

Berikut adalah 10 Perguruan Negeri kedinasan yang perkuliahan nya gratis silahkan ditonton ya guys bagi yang msih bingung untuk meneruskan kuliahnya


Comments