6 Cara Ini Bisa Membantu Skill mengetik kamu biar bisa lebih cepat

Kegiatan yang tidak bisa dipisahkan dari penggunaan smartphone saat ini adalah kegiatan chatting. Namun ada beberapa hal yang membuat chatting tidak menyenangkan yaitu disaat proses pengetikan yang terlalu lama dan kalau dipaksakan akan berujung pada salah penulisan kata atau typo. Mungkin ada diantara kalian semua yang sempat emosi karena nunguin balasan dari teman chatting yang lamanya minta ampun atau jangan-jangan kalian sendiri nih yang suka lama dalam mengetik pesan, kali ini akan gue berikan tips agar kalian bisa mengetik dengan lebih cepat hemat dan efisien waktu.

1. Gunakan emoji sugesti pada keypad
Ngak afdol rasanya kalau chat senang-senang ngak ada emoji betul ngak? Namun akan menyita waktu jika kalian menggunakan emoji dan mencarinya secara manual. Keburu ketimpa chat sama yang lain duluan nih kalau chat di grup. Untuk mempermudah hal ini bisa dilakukan dengan cara mengatur pada keypad untuk menampilkan emoji menurut kalimat yang diketik jadi setelah ngetik bisa langsung klik emoji nya iya ngak ? bisa hemat waktu lebih banyak dibanding pake cara manual.

2. Masukan angka di keypad
Pengaturan awal di keypad gboard angka-angka tidak terletak di keypad utama. Untuk menggunakan nomor kalian harus menekan “?123” terlebih dahulu untuk menampakan angka. Lalu solusinya adalah menampilkan angka pada tampilan utama keypad. Caranya cukup mudah kalian masuk ke Gboard setting preferences lalu klik aktifkan number row maka dilayar utama keypad akan muncul nomor-nomor.

3. Gunakan text prediction dan text suggestion
Gboard yang kalian pakai punya sistem prediksi otomatis ketika digunakan. Fitur prediksi dan sugesti ini akan menimbulkan kata yang mungkin yang ingin anda tulis Cuma mengetik dua sampai tiga angka saja sudah ada text prediksi selain itu kamu juga bisa menambahkan kosa kata baru pada prediksi Gboard kamu karena kita tau bahwa di Indonesia banyak sekali istilah-istilah gaul yang akan semakin bertambah setiap waktu. Dengan adanya fitur sugesti dan prediksi ini maka waktu kalian dalam mengetik juga lebih cepat iya ngak ?

4. Buat Singkatan Kata yang Sering dipakai
Singkatan-singkatan kata dalam chat akan lebih mempercepat waktu mengetik. Kalian bisa menyingkat kata yang sering digunakan sebagai contoh Main Mobile Legends Bareng yuk bisa kalian singkat jadi “mabar Ml Kuy” lebih singkat dan lebih kekinian ngak nih ? silahkan kreasikan sendiri singkatan-singkatan kalian tapi jangan buat singkatan yang ngak di mengerti yang ada terkesan aneh dan absurd. Atau kalian juga bisa menambahkan singkatan kedalam Personal dictionary handpone kalian dalam khasus ini ketika kalian mengetik singkatan yang ingin kalian ketik maka otomatis akan berubah jadi kepanjangannya atau kalimat aslinya kalian bisa coba pasang sendiri pokoknya membantu banget deh biar ngak capek-capek ngetik.

5. Glide Typing
Gboard juga menyediakan fitur yang keren nih dalam mengetik pesan. Fitur ini bisa dilakukan dengan mengeser jari kalian kehuruf yang ingin kalian jadikan kata misalnya ingin mengetik for, kalian tekan tombol f kemudian geser jari ke arah o dan r maka keyboard juga akan otomatis membaca pergerakan jari kalian dan menempatkan kata yang kalian maksud di kolom chat. Keren banget ngak tuh?

6. Gunakan fitur Voice typing
Gboard sudah sangat mempermudah penggunanya dalam menggunakan aplikasi buatan mereka sampai-sampai untuk mengetik menggunakan suara juga bisa lho. Kalian ngak perlu lagi capek capek mengetik dengan jari kalian cukup klik dan berbicara dengan kata atau kalimat yang ingin kalian tulis. Caranya cukup mudah tekan saja ikon mikrofon yang ada di keypad lalu akan muncul perintah “speak now” kalian bisa langsung bicara dan kalimat yang kalian ucapkan akan diketik langsung di kolom chat usahakan kalian ngomongnya jelas dan jangan pakai istilah aneh-aneh karena mungkin akan buat sulit untuk diterjemahkan.

Nah itu tadi 6 tips supaya waktu mengetik kalian bisa jadi lebih cepat semoga setelah ini kalian jadi disenangin sama teman-teman ya dan silahkan bikin takjup teman-teman kalian dengan kemampuan mengetik super yang kalian miliki hehehe..

Sumber : Jalantikus.com

Comments