7 Hal yang harus kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk menikah

Hal-hal yang harus kamu pikirkan sebelum memutuskan untuk menikah
Menikah merupakan keputusan paling besar bagi hidup setiap manusia. bagaimana tidak, dengan memutuskan menikah maka kamu pastinya sudah siap dengan segala konsekuensi yang akan timbul, karena sekarang tanggung jawab kamu udah bertambah yaitu untuk menjaga hubungan dengan sang pasangan.
Pernikahan bukan main-main lho ya guys.. sebelum memutuskan untuk mengucap janji suci ada banyak sekali hal yang harus kalian pertimbangkan dan harus kalian pikirkan matang-matang, kali ini Yadi Bagayo mau mengingatkan kamu yang sedang berpikiran untuk menikah dengan beberapa hal yang harus kamu pikirkan dengan matang, yuk sama-sama kita simak.

1. Pernikahan bukan lomba siapa yang cepat laku


Pernikahan merupakan hal yang sakral, ada tanggung jawab dan komitmen bersama yang harus kamu tanggung. Jika kamu menikah hanya ingin menunjukan bahwa dirimu hebat dengan cara menunjukan dirimu untuk menikah lebih cepat dibanding orang lain istilahnya “merasa cepat laku” atau kamu Cuma mau melakukan pernikahan karena ingin menunjukan pesta 3 hari 3 malam kamu yang meriah mending jangan dulu ya.. lebih baik kamu pikirkan ulang kembali dan lebih baik cepat-cepat temui pasanganmu dan bicarakan masalah komitmen kalian berdua kedepannya.

2. Menikah membuatmu merasa nyaman
Ada beberapa orang yang menganggap bahwa pernikahan akan menyebabkan rasa aman dan nyaman karena ada orang yang menjaga dengan sepenuh hati. Namun yang harus kamu ingat setiap orang mempunyai karakteristik yang unik dan dapat berubah sewaktu-waktu. Bisa saja ketika menikah pasangan berada dalam masalah dan kamu juga memiliki masalah pastinya kamu ngak mau kan membebankan rasa tidak nyamanmu kepada pasangan ketika ia juga merasa tidak nyaman. Tidak selamanya menikah itu membuat kamu merasa aman dan nyaman. No body perfect guys… sekarang coba kamu renungin deh sampai mana kamu udah mengenal pasanganmu dan apakah bisa kelak kamu bertahan kalau kasus diatas terjadi  kehidupan  rumah tanggamu.



3. Sudah sanggupkah menahan ego ?

Dalam kehidupan rumah tangga untuk mengambil sebuah keputusan tidak bisa diambil secara sepihak ya.. kamu hidup bersama sebagai suami istri harus mempunyai pikiran yang selaras, ketika kamu sedang berada dalam permasalahan dan bimbang kalian harus saling berbicara, harus mengambil jalan tengah, tidak ada ego pribadi dan keputusan yang diambil tidak boleh merugikan satu pihak ingat jika satu pihak dirugikan nantinya bakal terjadi kerusakan dalam rumah tangga, kamu ngak mau kan?
Sudah siapkah kamu menahan emosi untuk menyenangkan pasangan? Jangan biarkan emosi yang sekejap saja dapat membuat retak rumah tanggamu.

4. Rumah tangga tidak selamanya adem ayem


Poin ini berkaitan dengan poin nomor 2, sebuh hubungan pastinya pernah dibumbui dengan adanya pertikaian, bagi kamu yang pernah pacaran atau pacaran sebelum menikah pastiya sudah pernah mengalami kali ya.. status masih pacaran aja udah banyak konflik dan masalah, lha kalau udah nikah dan tinggal serumah pastinya juga ada masalah kan ?

5. Pastikan masalah personalmu sudah clear


Selanjutnya ialah coba pikirkan sebelum menikah apakah kalian pernah melupakan sesuatu ?
Melupakan tentang masalah mungkin ?
Memang betul kalau sudah menikah kita bakalan menjalani hidup berdua, susah senang berdua, namun alangkah lebih baiknya kamu harus menyingkirkan masalah personalmu yang bisa saja kelak akan berimbas kepada kehidupan rumah tanggamu, misalnya restu orang tua, atau masalah mantan yang ngak bisa move on harus kamu pastikan clear ya guys..

6. Menjadi pendengar yang baik


Setelah menikah kamu harus siap untuk terus memasang telinga dan peka terhadap perubahan tingkah laku pasangan, jangan biarkan pasangan melalui permasalahan sendirian, karena kamu adalah pasangannya maka otomatis kamu berkewajiban tau segala permasalahan dan wajib mendengarkan keluh kesah dari pasangan. Dan hal ini pastinya akan membuat kamu lelah tapi itulah kenyataan yang harus diterima jika sudah memutuskan untuk menikah.

7. Menikah tidak selalu tentang sex


Poin yang terakhir ini nih yang buat gue uyeng-unyengan..
Kebanyakan remaja masa kini yang sedang kebelet nikah pastinya memikirkan nikmatnya kehidupan ranjang ketika menikah, namun kenyataannya ketika kamu sudah menikah hubungan seks yang dilakukan tidak bisa sesering yang kamu pikirkan ketika pertama kali kamu memikirkan untuk menikah.
Kamu ngak bisa dong maksain pasangan yang sedang lelah buat melayanin kamu?
Selain itu kesibukan masing-masing juga bisa menyebabkan kurangnya waktu buat kalian berdua menikmati malam bersama. Jadi kalau kamu berpikir menikah untuk menyalurkan hasrat lebih baik menikah daripada melakukan maksiat saya sarankan stop pikiran seperti itu, lebih baik kamu menjomblo fokus kepada tuhan dengan cara rajin berdoa agar kelak kamu ngak akan menyesal kalau sudah memutuskan sebuah keputusan yang sangat penting seperti memutuskan untuk menikah.


Menikah bukanlah sebuah tujuan akhir dalam hidup. Pernikahan itu ibarat sebuah perjalanan panjang yang harus kamu arungi bersama pasangan. Kalau kamu memang berniat untuk menikah, kamu wajib tahu banyak soal pernikahan karena itu adalah bekal untuk perjalanan hidupmu selama berumah tangga nanti. Semoga artikel ini bisa jadi bekal awal ya buat kamu yang berencana menikah. Jangan sampai kamu nggak nggak punya bekal apa-apa, karena itu akan membuatmu menyerah di tengah jalan nanti!

Comments