tips menghemat uang jajan anak kost


yo.. man apa kabar, saya yakin anda datang kesini untuk mencari tips supaya uang kalian tidak mudah habis ia kan ?
memang benar anak kost memang rentan akan krisis moneter karena banyak keperluan yang di butuhkan di banding tinggal dirumah orang tua, sebagai anak kost-kostan aku juga mengalami hal yang sama bro, sebulan bisa mencapai sejuta untuk keperluan yang entah memang penting atau cuma untuk memuaskan hasrat, nah dari itu saya akan membarikan tips bagaimana supaya uang-uang kita bisa kita kontrol dan pertahankan nilainya didalam dompet hahhaahaha.. oke ini dia tipsnya..

1.Masak Nasi sendiri
ini maksudnya cuma masak nasi ya, ngak pake sayurnya. karena dengan memasak nasi sendiri kita bisa menghemat uang belanja dan sedangkan sayurnya atau lauknya cobalah beli di rumah-rumah makan kepercayaan anda yang dirasa cukup murah,bersih dan dekat dari rumah. kalau sayur nya doang kita beli, menurut pengalaman saya sayurnya banyak dan kalo kita mau nambah makan juga bisa, kalau beli sayur mentah kita juga repot mana garam, vetsin, minyak goreng cuci kuali pokoknya ribet dan gak efisien lah untuk anak kost yang super sibuk dan saya tau pasti rata-rata pemalas kayak saya. nah di banding beli sebungkus nasi tapi gak bisa nambah,mending masak nasi sayurnya beli harga 10 ribuan bisa makan 2x sehari dengan uang 10ribuan, uang aman perut kenyang :D

2. nebeng sama kawan atau pergi jalan kaki
nah ini juga menjadi solusi yang penting, sebagai anak kost kita pasti diributkan dengan uang bensin apa lagi yang punya pacal :p pasti bensinnya cepat kering, buat kalian yang tinggal jauh dari kampus kalian harus jeli melihat teman-teman kalian. kenapa demikian ? karena dengan melihat mereka kita bisa tau siapa-siapa saja yang mempunyai rute jalan yang sama dengan kita ketika menuju kampus, tapi tips ini punya kelemahan juga, kita gak bisa kemana-mana dan cuma bisa ngekorin yang punya motor kalo gak kita di tinggalin. dan kalo yang rumahnya dekat kampus mending jalan kaki selain murah sehat pula, tapi ada satu juga masalah dalam tips ini. kadang-kadang anak-anak muda malu kalo pergi kampus berjalan. ia kan ? ngaku ngak kamu ? tapi kalo ada niat saya yakin semuanya bisa kok. jangan gengsi karena berjalan gengsilah ketika kita dimasa depan tidak punya pekerjaan. camkan moto itu di hidup kamu :)

3. bersosialisasi dan berorganisasi dengan baik
untuk yang ini juga sanggat penting ini tujuannya untuk tips no 1 dan 2 karena kalo gak nerapin tips ke 3 ini akan susah untuk jalankan tips 1 dan 2. logikanya ketika kita punya banyak teman pasti ada aja teman kita yang traktir kita kalau mereka sedang baik dan ketika kalian berorganisasi disetiap rapat kalian pasti disuguhkan dengan makanan-makanan yang mengundang selera sudah pasti uang anda akan terhemat karena tidak perlu membeli makan lagi.

4. pacaran sama laptop dan buku
tips yang ini sanggat sulit buat di lakukan, karena pacaran sama laptop dan buku sanggat membosankan. ketika teman kita mengajak untuk jalan-jalan kita tanya dulu apakah kita di goncengin cuma-cuma dan akan di traktir makan. kalo ngak mending gak usah pergi saja daripada uang habis mending belajar buat uts sama uasnya ia ngak bro ?

5. jangan punya pacar seangkatan, jadi berondong boleh.
untuk tips yang satu ini gue sih gak nyaranin ya sama kamu sob. menurut penerawangan gue sob orang yang pacaran bakal banyak ngeluarin uang dibanding yang jones (jomblo ngenes) dengan kalian sadari atau gak sadari itu pasti. kalo kalian mau jadi berondong kakak-kakak itu juga terserah kalian sob, cari aja pacar yang udah kerja dan dengan kata kasarnya kalian mamfaatin aja tu uangnya buat kalian. tapi yang ini dosa lo jangan di ikutin kecuali kalian benar-benar cinta dan sayang silahkan saja :)

6. cari kerja yang mudah dilakukan
kalau ada pengeluaran kita pasti butuh pemasukan dong, ia ngak ?
kita cukup liatin aja ada peluang apa-apa saja yang ada di sekitar, misalnya jasa ketik atau jasa print kalau kalian punya printer, jasa antar atau ojek anak tetangga (kalau cantik jangan di godain anak orang tu),mengajar les biasanya banyak tawaran ini buat mahasiswa selain dapat uang ilmunya kita juga dapat tapi rata-rata yang dicari mahasiswa yang ber ip diatas 3,00, dan pekerjaan lainnya adalah ngerjain tugas teman kamu yang malas dan kamu dapat untungnya dan ilmunya kamu juga dapat dong.

nah itu dia tips dari gue buat kalian-kalian yang rentan akan krisis moneter atau kalian mau nambahin tipsnya silahkan ke kolom komentar deh sob. dan buat sobat yang lagi cari motivasi dan mau cari kiat-kiat sukses kuliah agar masa kuliah kita bermakna silahkan baca artikel mengoptimalkan masa kuliah dengan bijak semoga membantu

Comments