Laporan gaya pada bidang miring

I.                    Judul percobaan       : Gaya pada bidang miring
II.                  Tujuan percobaan   :  
-           untuk menyelidiki sifat gaya-gaya mekanis pada bidang miring.
-          Untuk menentukan koefisien gesekan beberapa jenis material (benda)
III.                Dasar teori
3.1   gaya mekanik
gaya mekanik adalah gaya yang dihasilkan oleh benda karena sifat geraknya energy mekanik merupakan jumlah dari energy potensial dan energy kinetik yang dimiliki oleh benda atau energy total yang dimiliki oleh suatu benda. Dan dapat dituliskan :
(anonym A, 2013).
Em = Ep + Ek
Jumlah total energy kinetic dan energy potensial disebut energy mekanik. Ketika perubahan energy dari Ep menjadi Ek dan Ek menjadi Ep, walaupun salah satunya berkurang, banyak energy lainnya bertambah. Misalnya ketika Ep berkurang besar Ek bertambah demikian juga jika Ek bertambah dan Ep berkurang, pada saat yang sama besar Ep bertambah. Total energinya tetap sama yakni energy mekanik
(anonym A,2013)

Energy mekanik suatu benda bersipat kekal artinya energy mekanik tidak dapat dimusnahkan, namun dapat berubah bentuk energy dapat diubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain dan dipindahkan darisatu benda ke benda yang lain tetapi jumlahnya selalu tetap (anonym A,2013)

3.2   gaya gesek
gaya gesek adalah gaya yang berarah berlawanan gerak benda atau arah kecenderungan benda akan bergerak. Gaya gesek muncul apabila dua buah benda bersentuhan. Benda-benda yang dimaksud disini tidak harus berbentuk padat melainkan dapat pula berbentuk cairan maupun gas. Gaya gesek antara dua buah benda padat adalah misalnya adalah gaya gesek statis dan kinetic, sedangkan gaya antara benda padat dengan cairan atau gas adalah gaya stokes dimana suku pertama adalah gaya gesek yang dikenal sebagai gaya gesek statis dan kinetis sedangkan suku pertama dan kedua dan ketiga adalah gaya gesek pada benda dan fluida (giancoli,2001).

Gaya gesek dapat merugikan dan juga bermanfaat. Panas pada poros putar, engsel pada pintu, dan sepatu yang aus adalah contoh kerugian yang disebabkan oleh gaya gesek. Akan tetapi tanpa gaya gesek manusia tidak dapat berpindah tempat karena gerakan kakinya hanya akan tergelincir diatas permukaan tanah. Tanpa adanya gaya gesek antara ban mobil dan jalan, mobil hanya akan slip dan tidak membuat mobil dapat bergerak. Tanpa adanya gaya gesek juga tidak dapat tercipta parasut (giancoli,2001).



Gaya gesek statis adalah gesekan antara dua benda padat yang tidak bergerak relative sama satu sama lain. Seperti contoh gesekan statis dapat mencegah benda meluncur kebawah pada bidang miring. Koefisien gesek statis umumnya di notasikan μs dan pada umumnya lebih besar dari koefisien gesek kinetis (halliday dan resnick,1991)

Gaya gesek statis dihasilkan dari sebuah gaya yang diaplikasikan tepat sebelum benda tersebut bergerak gaya gesekan maksimum antara dua permukaan sebelum gerakan terjadi adalah hasil dari koefisien gesek statis dikalikan dengan gaya normal f = μs.fs. ketika tidak ada gerakan yang terjadi, gaya gesek dapat memiliki nilai dari nol hingga gaya gesek maksimum. Setiap gaya yang lebih kecil dari gaya gesek maksimum yang berusaha untuk menggerakan salah satu benda akan dibawa oleh gaya gesekan yang setara dengan besar gaya tersebut namun berlawanan arah. Setiap gaya yang lebih besar dari gaya gesek maksimum akan menyebabkan gerakan terjadi setelah gerakan terjadi, gaya gesek statis tidak lagi dapat digunakan untuk  menggambarkan kinetika benda sehingga digunakan gaya gesek kinetis (halliday dan resnick ,1991)

Gaya gesek kinetis atau dinamis terjadi ketika dua benda bergerak reatif satu sama lain dan saling bergesekan. Koefisien gesek kinetis umumnya dinotasikan dengan μk dan pada umumnya selalu lebih kecil dari gaya gesek statis untuk material yang sama
(halliday dan resnick,1991).

Daftar pustaka

Anonym A, 2013.”energy kinetic dan potensial”. http://fisikamudah danasik.blogspot.com (diaskes 20 desember 2013)
Giancoli, douglas C.2001.fisika jilid 1 (terjemahan).jakarta :erlangga.

Halliday dan resnick.1991.fisika jilid 1 (terjemahan). Jakarta : erlangga.

Comments